Saat dunia diam, hanya Turki yang bersuara untuk Aleppo


Saat pasukan rezim Suriah mengendalikan hampir seluruh kota Aleppo, yang didukung oleh serangan udara Rusia dan milisi Syiah yang didukung Iran, ribuan warga sipil yang terperangkap di kota yang telah hancur menghadapi pembantaian. Sementara seluruh dunia menutup mata terhadap tragedi kemanusiaan yang memilukan di Aleppo, Turki terus berusaha meningkatkan upaya untuk membuka jalan dan membuat sebuah koridor untuk mengevakuasi warga sipil.

Meskipun loyalis rezim Assad dan milisi Syiah yang didukung Iran, menggambarkan kemajuan mereka di Aleppo utara sebagai “kemenangan,” seluruh dunia sedang menonton sebuah tragedi mengerikan saat warga sipil tak berdosa dibantai dan dibunuh.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengatakan pada hari Selasa bahwa mayat-mayat ditinggalkan di jalan-jalan Aleppo dan “pembantaian nyata” terjadi di kota. Seorang juru bicara PBB menggambarkan situasi sebagai “krisis kemanusiaan sempurna.” Sementara dunia gagal untuk bereaksi terhadap apa yang terjadi di Aleppo, Turki membangun inisiatif untuk mencegah pembantaian warga sipil. “Kami melihat di Aleppo sebagai dimensi yang paling kejam dari penindasan dalam sejarah manusia.”

Rumah sakit sengaja ditargetkan di Aleppo dengan serangan udara untuk mencegah korban terluka menerima perawatan, dan mereka tidak diizinkan untuk dievakuasi dan menerima pengobatan. Warga sipil kelaparan sedang bantuan kemanusiaan dihadang sehingga tidak bisa mencapai warga, “kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu Selasa di Ankara.” Kami terus membahas masalah ini dengan Rusia, Iran dan negara-negara lainnya. Kami bertemu secara intensif dengan Rusia; Proses ini berlangsung secara kontinyu,” kata Cavusoglu mengkonfirmasikan laporan bahwa para pejabat Turki dan Rusia akan bertemu di Turki dan mendiskusikan perjanjian gencatan senjata dan pembukaan koridor untuk mengevakuasi warga sipil dari Aleppo pada 14 Desember.

Dengan demikian, Kementerian Luar Negeri Turki dan pejabat intelijen akan bertemu hari Rabu dengan pejabat dari Rusia untuk membahas Aleppo, di mana lebih dari 150.000 warga sipil tetap terjebak di daerah-daerah yang masih dikuasai oposisi di tengah serangan tanpa henti oleh rezim, serangan udara dan penembakan.

Faktanya, upaya Turki untuk membuka koridor kemanusiaan di Aleppo dan membangun gencatan senjata di Suriah telah berlangsung beberapa waktu lamanya. Turki telah menempatkan tekanan diplomatik terhadap pemecahan krisis kemanusiaan di Aleppo, termasuk tiga panggilan telepon Presiden Recep Tayyip Erdogan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin mengenai Aleppo dan wilayah sekitarnya.


Rusia telah mendukung rezim Assad dengan pemboman berat terhadap daerah oposisi sejak September 2015. Milisi Syiah yang didukung Iran juga bertempur di Aleppo, mendukung rezim Assad. Menurut berbagai akun media sosial, pesan di Twitter dan sumber media sosial lainnya, masyarakat internasional mendesak bahwa bantuan harus segera dikirim untuk mengevakuasi warga sipil, karena rezim Assad dan milisi Syiah terus tanpa pandang bulu menargetkan ribuan warga sipil yang terperangkap di dalam wilayah kecil di Aleppo. Pengeboman secara brutal menempatkan warga sipil kota dalam situasi yang mengerikan, memaksa ribuan untuk meninggalkan kampung halaman mereka. Sementara itu, serangan terhadap rumah sakit kota telah juga menyebabkan layanan medis berhenti di kota, meninggalkan populasi dengan hanya beberapa dokter.

Selain itu, Kementerian Luar Negeri Turki merilis pernyataan pada Selasa, seruan untuk penghentian segera serangan rezim Assad terhadap warga sipil di Aleppo, dan mendesak evakuasi. Kementerian mencatat bahwa rezim Assad telah menghancurkan infrastruktur dasar dan fasilitas utama, termasuk rumah sakit, sekolah, pengolahan air dan jaringan listrik di timur Aleppo, yang telah berada di bawah serangan intens dan pengepungan.

Pernyataan Kementerian Turki berbunyi, “Dan sekarang rezim menargetkan warga sipil dan melaksanakan eksekusi massal terhadap penduduk sipil, tidak memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin meninggalkan kota.”

Juga menyoroti bahwa Turki menyatakan kemarahan dan kekhawatiran tentang pembantaian warga sipil di Aleppo timur, menambahkan bahwa tindakan oleh rezim Assad merupakan pelanggaran hak asasi manusia dan bahwa perlu untuk segera mengevakuasi warga sipil yang terperangkap di bawah pengawasan PBB dan untuk memungkinkan masuknya bantuan kemanusiaan.

Para pejabat Turki juga bertemu dengan pejabat Iran dua kali untuk membahas situasi Aleppo, selain berbagai pertemuan dengan negara-negara AS, Uni Eropa dan Teluk. Juru bicara kepresidenan Ibrahim Kalin mengatakan baru-baru ini bahwa rezim Assad secara terbuka melakukan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Aleppo sambil menambahkan bahwa Turki akan terus berupaya untuk membangun koridor untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Aleppo.

Sementara itu, komandan kelompok opisisi di Aleppo mendesak AS dan Turki untuk bergerak cepat menyelamatkan warga sipil yang masih bertahan di kantong oposisi di Aleppo Timur dari serangan rezim dan sekutu-sekutunya. Komandan kelompok Jabha Shamiya juga mengatakan kepada Reuters pada hari Selasa bahwa situasi oposisi di garis depan telah meningkat beberapa jam terakhir. Masalah utama, menurut komandan, adalah pemboman tanpa henti di wilayah sipil oleh pasukan rezim di “lahan sempit” yang masih dipegang oleh oposisi, ia berkata: “Tidak ada negara yang telah membantu orang-orang ini dengan cara apapun, pesan saya kepada dunia adalah untuk membawa warga keluar dari kota yang terkena bencana ini, setidaknya warga sipil, “katanya, merujuk kepada AS dan Turki sebagai pemerintah dengan kekuatan untuk melakukan sesuatu.

Meskipun rincian mengenai pertemuan hari ini belum dirilis, Turki kemungkinan akan mengusulkan koridor evakuasi bagi warga sipil di Aleppo terhadap wilayah yang dikuasai oleh Tentara Pembebas Suriah (FSA) di wilayah timur laut atau yang dikuasai oposisi Suriah di barat. [beritaislam24h.net / meun]

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Saat dunia diam, hanya Turki yang bersuara untuk Aleppo"

  1. Selamat malam bossku semua...
    Kamu Sering Kalah Main Judi?
    Sudah Tidak Jaman Lagi Kalah Main Judi
    Kami Hadir Dengan Inovasi Terbaru & Tercangih, Dengan Jackpot Yang Super Pasti & Gampang Untuk Menang Terus Di Setiap Hari .
    Transaksi Cepat, Aman & Terpercaya.
    Tersedia 7 Games Dalam 1 User ID :
    New Game ------>> GAME SAKONG
    Poker, Domino, Bandar Ceme, Capsa, Ceme Keliling, dan Live Poker
    Minimal Deposit Rp.15.000,-
    Minimal Withdraw Rp.15.000,-
    Promo Bonus Harian + Mingguan + Bulanan :
    - Bonus Deposit
    - Bonus Turn Over Harian 0.5%
    - Bonus Refferal 10% + 10%
    Untuk Informasi Lebih Lanjut Segera Hubungi CS Kami 24 Jam : www,royalqq,poker

    ReplyDelete