25 Nama Nabi dan Rosul dengan Artinya

Berita Informasi akan memberikan 25 Nama Nabi dan Rosul dengan Artinya. Namun, tahukah Anda mengenai arti dari nama-nama nabi dan rasul tersebut? Di bawah ini disebutkan 25 Nama Nabi dan Rosul dengan Artinya yang wajib diketahui umat Islam.

Dalam agama islam terdapat 25 Nabi dan Rasul yang wajib diketahui dengan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi yang terakhir untuk seluruh umat spanjang masa, yaitu :


 25 Nama Nama Nabi


1. Adam AS.
2. Idris AS.
3. Nuh AS.
4. Hud AS.
5. Soleh AS.
6. Ibrahim AS.
7. Luth AS.
8. Ismail AS.
9. Ishak AS.
10. Yakub AS.
11. Yusuf AS.
12. Ayub AS.
13. Sueb AS.
14. Musa AS.
15. Harun AS.
16. Zulkifli AS.
17. Daud AS.
18. Sulaiman AS.
19. Ilyas AS.
20. Ilyasa AS.
21. Yunus AS.
22. Zakaria AS.
23. Yahya AS.
24. Isa AS.
25. Muhammad SAW.
Nabi yang mendapat julukan Ulul Azmi atau nabi/rasul yang memiliki ketabahan yang luar biasa dalam menjalankan kenabiannya :
1. Nuh AS.
2. Ibrahim AS.
3. Musa AS.
4. Isa AS.
5. Muhammad SAW.

Beberapa Arti Nama Nama Nabi dan Rosul

1. Musa: dari bahasa Mesir kuno, asal katanya “Mu” yang artinya air dan “sa” artinya putra. Musa bermakna ‘Putra Air’ karena Nabi Musa ditemukan di sungai Nil ketika beliau masih bayi oleh istri Fir’aun, Asiyah.
2. Hud: berasal dari bangsa Arab keturunan kaum ‘Ad. Diambil dari kata jama’ ‘Ha’id’ yang berarti orang yang bertaubat, atau ‘yang kembali kepada kebenaran.’
3. Sholeh: nabi bangsa Arab dari kaum Tsamud. Sholeh artinya orang yang senantiasa beribadah dan senantiasa mendirikan hak-hak Allah.
4. Syu’aib: nabi dari bangsa Arab dari kaum Madyan, yang menikahkan putrinya dengan Nabi Musa AS, diambil dari kata ‘sya’b’ yang berarti kelompok atau generasi manusia, karena beliau mengumpulkan kembali kaumnya setelah terpisah.
5. Isma’il: putra dari Nabi Ibrahim, nama Ismail merupakan bentuk Murakkab (majemuk) dari ‘isma’ (mendengar) dan ‘eil’ (Allah) yang artinya: “Allah mengabulkan.”
6. Ibrahim: Abul Anbiya (bapak para nabi) dan bapak dari Isma’il dan Ishaq, yang artinya ‘bapak dari orang-orang tertinggi (nabi-nabi).’
7. Muhammad: Nabi dari bangsa Arab yang merupakan penutup para Nabi. Artinya ‘orang yang memiliki akhlak terpuji

Itulah artikel Berita Informasi yg berhasil dihimpun tentang  25 Nama Nabi dan Rosul dengan Artinya
semoga manfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "25 Nama Nabi dan Rosul dengan Artinya"

  1. I enjoy reading through an article that can make men and women think.
    Also, thank you for permitting me to comment!

    bandar poker online indonesia

    ReplyDelete